Wisata Sibio-Bio : Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk

pemandangan wisata Sibio-bio tapanuli selatan

Wisata Sibio-Bio Adventure Park dan wisata alam Aek Sabaon yang sedang populer di Tapanuli selatan.

Liburan bersama keluarga kali ini, kami pergi menjelajah ke Padang Sidimpuan tepatnya ke Sibio-bio. Sibio-bio sendiri tak lain adalah sebuah desa di Kecamatan Marancar, Tapanuli Selatan.

Kami berangkat dari rumah pada hari Minggu sekitar pukul 08.00 pagi. Jalan menuju kesana cukup bagus dan layak untuk dilewati kendaraan walaupun cukup berkelok khas perbukitan.

Saat ini tampaknya mulai diperlebar secara bertahap dengan aspal. Mungkin karena cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

Setelah sampai disana ternyata ada dua tempat wisata yang dapat dikunjungi yaitu Sibio-bio Adventure Park dan Rumah kacanya.

Lumayan untuk wisatawan luar kota seperti keluargaku,  dapat sekali mendayung dua tempat wisata terlampaui, hehe.

Tiba di desa Sibio-bio, di sisi kanan jalan akan kita temui Sibio-bio Adventure Park.

wisata Sibio-bio Adventure Park

1. Sibio-bio Adventure Park 

Harga tiket masuk per orang adalah Rp 25.000 per orang, belum termasuk harga per wahana seperti jumper (trampolin), bola air,sepeda gantung atau memberi makan kelinci.

Namun kita dapat berenang gratis di kolam yang letaknya paling bawah dekat sungai kecil.

Di dekat pintu masuk terdapat saung/lesehan untuk tempat makan yang di bawahnya ada kolam ikan. Anak-anak dapat membeli makanan ikan yang sudah disediakan pengelola tempat.

Bisa pesan makanan dari cafe nya, namun juga tidak ada larangan untuk membawa makanan dari luar. Pas sekali untuk kami yang baru tiba tepat di jam makan siang. Aku memesan cemilan yang cukup unik, tahu tempe goreng dengan sambal kecapnya dengan wadah yang terbuat dari batok kelapa.

Selesai makan dan sholat di mushola yang tersedia, kami mulai menjelajah. Kontur tempat yang berbukit semakin menambah keindahan pemandangan. Sepanjang mata memandang hamparan hijau dengan angin yang cukup membuai.

Tempat yang cukup luas ini juga dilengkapi toilet di beberapa titik. Cukup memudahkan pengunjung, apalagi toilet terjaga kebersihannya. Spot foto yang cukup instagrammable cukup banyak. Datang saja dan rasakan sendiri keindahan tempatnya.

2. Wisata Alam Aek Sabaon

berwisata ke Sibio-bio tapanuli selatan


Hari sudah menjelang siang,sayang rasanya kalau tidak ke satu lagi lokasi wisata ini. Mumpung masih satu desa, belum tentu tahun depan bisa kesini lagi.

Kami melanjutkan perjalanan ke Aek Sabaon. Lagi-lagi hampir kelewatan karena tidak ada plang sama sekali sebagai penunjuk jalan ke lokasi ini. Mudah-mudahan menjadi perhatian pengelola tempat ya ke depannya.

Harga Tiket masuk Aek Sabaon Rp 15.000 per orang. Masuk ke dalam langsung terpana dengan pemandangannya. Seperti bukan di dalam negeri.

Danau atau kolam buatan yang diisi banyak ikan, di tepi danau banyak bangku dan meja tersusun rapi. Rumah ijuk khas Tapanali Selatan juga berjejer di sisi lain kolam yang bisa digunakan untuk duduk lesehan di dalamnya.

lokasi wisata Sibio-bio Adventure Park

Anak-anak bisa menikmati bermain sepeda bebek di air. Tempat ini bagus banget untuk piknik keluarga maupun bersama para sahabat.

Fasilitas di dalamnya pun cukup lengkap. Cafe tempat memesan makanan dan minuman, mushola, dan toilet bersih. Tidak ada larangan juga untuk membawa makanan dari luar. Udara semakin menusuk menjelang petang hari.

Mulai terasa dinginnya. Saatnya kami kembali ke kota karena harus bersiap-siap untuk pulang ke rumah malam harinya. Pokoknya ini menjadi destinasi wajib kami jika berkesempatan ke kota ini lagi.

Masyarakat di sekitar objek wisata  menyambut kehadiran wisatawan tersebut dengan baik dan ramah sekaligus memberikan layanan yang diperlukan oleh para wisatawan yang berkunjung. Bahasa yang digunakan sebagai komunikasi masyarakat terhadap pelancong adalah tentunya dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Di wisata Sibio-bio ini terdapat tempat makan yang halal sehingga aman untuk wisatawan muslim . Mengenai signal seluler,nah di Sibio-bio ini ternyata masih kurang bagus dikarenakan tempat wisata ini jauh dari kota.

Selanjutnya mengenai fasilitas solat. Disini disediakan mushalla yang bersih dan cukup luas. Di tempat wisata Sibio-bio ini belum terdapat penginapan ataupun hotel untuk para pengunjung. 
Hanya saja,terdapat pondok-pondok kecil di sekitaran danau untuk tempat beristirahat para pengunjung.

Di Sibio-bio ini menjadi titik blank spot bagi signal telepon seluler dan internet, sehingga wisatawan kesulitan mengakses komunikasi jika sedang berwisata di tempat tersebut.

Demikian ulasna sederhana mengenai Wisata Sibio-Bio Adventure Park dan wisata alam Aek Sabaon yang sedang populer di Tapanuli selatan mengenai  Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk.

Salam mozafir, shared by Rahmatul F.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.