Wisata Sungai Dua Rasa, Negeri Gugung Sibolangit

sungai dua rasa sibolangit

Cerita ini dimulai seminggu sebelum hari yang direncanakan, Kami telah merencanakan untuk camping di Paropo, setelah tiba waktunya tepatnya pada malam minggu pukul 21:00 WIB kami berangkat dari Tuasan untuk menuju ke lokasi.

Setelah berjalannya waktu, karena emang sudah terlalu malam juga mereka menunda pergi ke paropo sehingga mereka mencari tempat yang engga terlalu jauh supaya cepat sampai dan beristirahat.

sungai dua rasa sibolangit
Berkunjung bersama teman ke sungai dua rasa sibolangit

Mereka meminta ke tempat Sungai Dua Rasa saja karena tempat ini tidak terlalu jauh dari Kota Medan, dan dalam perjalanan tiba-tiba turunlah hujan dan kami berhenti sejenak agar tidak basah.

Perjalanan ke sini itu sunyi udah gitu dingin ditambah turun hujan lagi waahhh makin dingin, karena turun hujan perjalanan kami itu lama kali sampenya.

Perjalanan ke Lokasi wisata sungai dua rasa

Di perjalanan saya terpikir pula dengan wisata ini “Sungai Dua Rasa” Wah unik dan menarik ya..? kayaknya di sana seru dan puas menikmati sungai ini yang memiliki dua rasa lagi, udah engga sabar deh pastinya hmmm kapan lagi ya kan bisa menikmati sensasinya.

Lah belum sampai ditempatnya saja sudah nyerah guys, aduh jalannya itu loh engga nahan hancur udah gitu bebatuan, ya aspal sih cuman separuh perjalanan aja sisanya jalanan licin dan bebatuan, exream banget guys.

Naik sepeda motor

Saya sarankan kalau ke tempat ini naik sepeda motor aja deh karena kalau naik kendaraan besar seperti bus ataupun yang lain gitu tidak bisa dilalui.

Soalnya kami saja yang naik sepeda motor sampai-sampai turun dan jalan kali. Perjalanan yang sangat melelahkan sekali sudah terlalu malam engga sampai-sampai dibilang seru ya seru karena ramai-ramai dan ketawa bareng-bareng.

Kemudian sampai lah di perumahan warga di Desa Cinta Rakyat kami memakirkan sepeda motornya di sana. Akhirnya sampai juga kami di sungai itu, eehh engga tau nya belum sampai di sungai dua rasa.

Jalan kaki di semak-semak liar

Kami harus berjalan kaki sekitar kurang lebih 15-20 Menit, bener-bener lelah sekali guys. Jalanannya itu tanah licin, semak-semak liar, dipinggirnya jurang, pepohonan-pepohonan dan satu lagi ada pacatnya loh guys, iiihhh geli banget.

Yang takut pacat siap-siap deh lengkapi perlengkapannya. Akhirnya sampai juga di sungai ini, dan kemudian kami mendirikan tenda supaya bisa istirahat.

Wajib rombongan kalau kesini

Ternyata disini tidak sesuai dengan yang saya bayangkan, kirainlah disini ada perumahan, ada yang menjual makanan dan sebagainya. Ternyata itu semua engga ada, yang ada disini itu cuman pepohonan, bukit, pesawahan itu doang.

Tendanya pun sudah siap dan kami para wanita langsung istirahat dan laki-laki asik bercerita di pinggiran sungai, undara malam disini sangatlah dingin.

Namun saya tidak bisa tidur kami para cewek keluar dari tenda dan bergabung dengan yang lainnya, kami bercerita, tertawa, bermain musik pokoknya itu seru dan ini pengalamanan yang sangat menakjubkan bagi kami.

Air sungainya ada dua rasa; air dingin dan air hangat

Suasana di pagi hari disana sangat enak sekali, kita bisa berendam di sungai yang memiliki dua rasa yaitu air dingin dan air hangat dan kita bisa bersantai menikmati sensasinya.

Lalu kamipun membuat sarapan sendiri kami membawa makanan dari rumah karena di sana tidak ada yang menjual makanan dan minuman, adapun yang berjualan kita harus keatas lagi untuk membeli makanan.

keindahan alam sungai dua rasa
keindahan alam sungai dua rasa

Jadi buat kalian disarankan untuk membawa makanan dari rumah ataupun bisa membelinya diperjalanan menuju ke sungai ini.

Wisata sungai dua rasa belum populer

Tempat ini nampaknya belum populer atau terkenal karena menuju kesungai ini harus bersusah-susah dulu dan membutuhkan keberanian dan tenaga kemudian tempat ini tidak terlalu ramai pengunjungnya.

Kalau mau ketempat ini kita harus benar-benar pencinta alam, penyuka tracking dan berpetualangan. Karena sungai ini masih dibilang sepi.

Wajib bawa perlengkapan perjalanan sendiri

Sungai dua rasa ini sedikit sulit untuk di jangkau sehingga disana tidak ada penjual makanan maupun minuman. Jadi, kalian harus mempersiapkan perlengkapan lainnya dari rumah dan jangan lupa bawa obat anti nyamuk juga karena disana banyak sekali nyamuknya dan obat-obatan P3K.

Pemandangan yang sangat Indah

Namun, sangat di sayangkan sarana dan prasarana di sungai dua rasa ini kurang mendukung, disana tidak ada musholah ataupun masjid jangankan itu toilet aja tidak ada. Jadi apabila ada pengunjung yang ingin pergi ke toilet dapat menggunakan milik warga setempat.

kesegaran di wisata alam sungai dua rasa
kesegaran di wisata alam sungai dua rasa

Yang ada itu cuman pepohoan liar, pesawahan, bukit-bukit dan ada cuman tempat buat ganti pakaian itu doang. Ya lumayan lah ada tempat ganti nya dan juga bisa buat mandi juga karena ada air pancurnya.

Pemandangan disini engga kalah cantiknya dengan wisata lain kok, sungai disana itu sangat bersih tidak ada sampah, jadi tetap jaga kebersihan ya.

Airnya mengandung belerang

Sungai dua rasa ini kan memiliki air dingin dan air hangat. Nah..! Air hangat ini berasal dari sumber air panas siburak yang tercampur dengan unsur belerang loh. Maka nya sungai dua rasa ini memiliki dua suhu yang berbeda.

sumber air panas siburak yang tercampur dengan unsur belerang
sumber air panas siburak yang tercampur dengan unsur belerang

Kalian bisa merendam kaki kiri di air hangat dan kaki kanannya di air dingin, rasakan sensasinya pasti enak dan nyaman deh.

Pasti kalau kalian datang kesini akan betah deh karena kalian dapat bermain di air sungai yang memiliki rasa yang berbeda, sungai ini berwarna biru ke abu-abuan.

Keunikan sungai ini karena adanya sumber Mata Air Panas Siburak yang bercampur dengan unsur belerang ini. Perjalanan menuju sungai ini sangat melelahkan dan extrem, tetapi semuanya itu puas dan terbayarkan dengan pesona alamnya yang sangat indah.

Biaya Tiket masuk sungai dua rasa

Oh iya, tiket masuk ke Sungai Dua Rasa ini gratis ya guys karena tempat ini masih cagar alam dan biaya pakir di perumahan warga sekitar kurang lebih Rp. 5.000,00 1 hari 1 malam.

Bisa mendirikan Tenda camping

Buat para wisatawan yang ingin bermalam di sungai ini bisa kok mendirikan tenda dan kalian bisa melihat pemandangan malam.

Disini tempat yang sangat nyaman sekali pokoknya luar biasa lah. Buat yang mau berkunjung ke sungai ini harap jaga kelestariannya dan untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi di sungai.

Kesimpulan Berkunjung

Jika kalian berangkat dari Kota Medan maka rute yang ditempuh adalah :

Medan => Deli Serdang => Sibolangit => Sungai Dua Rasa

Silahkan datang dan berkunjung untuk menikmati secara langsung sensasi sungai dua rasa ini. Tks dan salam mozafir, shared by Eni S.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.