Puncak Pantan Terong dan Goa Putri Pukes, 2 Wisata Populer di Takengon

Puncak Pantan Terong dan Goa Putri Pukes, 2 Wisata Populer di Takengon – Kota Takengon adalah Ibu Kota dari Kabupatan Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Indonesia. Kota Takengon terletak di sisi Danau Lut Tawar kecamatan Lut Tawar di tengah-tengah wilayah provinsi Aceh. Kota Takengon merupakan dataran tinggi yang berhawa sejuk dengan ketinggian sekitar 1200 m di atas permukaan laut.

Menurut saya Kota Takengon merupakan salah satu kota terindah yang berada di Aceh Tengah di karnakan suasana perkotaannya yang mesih sangat asri dan sangat memanjakan mata. Kota Takengon mempunya baik objek wisata yang sangat beragam dan banyak mengandung cerita rakyat di dalamnya.

Di karnkan Kota Takengon sangat banyak objek wisatanya, jadi kami sekeluarga memutuskan untuk berlibur kesana. Pada hari kamis tanggal 26 Desember 2019  kami mulai perjalanan dari Kota Medan menuju ke Kota Takengon dengan menempu jarak 430 KM -/+ selama 12 jam perjalanan.

Sampai kami sekeluarga ke Kota Takengon kami menginap di salah satu Hotel di kota ini untuk beristirahat, kami menginap di Hotel ini kurang lebih selama 2 hari  seingat saya biaya hotel Rp.700.000 Perkamar selama 3 hari 2 malam .

Besok harinya pada hari Jum’at  tanggal 27 Desember 2019 kami memutuskan untuk pergi ke puncak tertinggi di Aceh Tengah yaitu Pantan Terong, tapi sebelum kepuncak kami memutuskan untuk Sholat Jum’at di salah satu Mesjid di Kota Takengon yaitu Masjid Al-Falah, setelah menunaikan Sholat Jum’at kami mulai pergi ke salah satu  puncak teringgi di Aceh Tengah yaitu Pantan Terong.

Traveling ke Puncak Pantan Terong, Takengon

Pantan Terong merupakan salah satu objek wisata yang mustinya tidak di lewatkan jika kalian berkunjung ke Kota Takengon karna  Pantan Terong merupakan objek wisata yang sangat indah dan memiliki pemandangan yang tidak kalah dari puncak yang ada di indonesia, dengan membayar Rp.10.000 / kepala kami sudah bisa melihat seluruh pemandangan yang indah dari Kota Takengon.

Pantan terong juga memiliki banyak fasilitas seperti banyak Musolah dan banyaknya cemilan – cemilan khas puncak juga penduduknya murah senyum.Kami mulai pulang ke hotel pada jam 17.00 WIB dan kami akan menlanjutkan wisatanya kebesokan harinya.

Berwisata ke Goa Putri Pukes

foto di depan pintu masuk goa putri pukes
foto di depan pintu masuk goa putri pukes

Keesokan harinya kami memulai perjalanan ke tempat wisata yang mengandung banyak cerita rakyatnya yaitu PUTRI PUKES PEL dimana untuk masuk kedalam gua tersebut kita harus membayar Rp.5000 / Kepala dan untuk anak-anak biasanya di grastiskan oleh penjaga Goa PUTRI PUKES PEL.

Sedikit menceritakan Legendanya, Dimana lagenda  mengisah seorang putri raja yang menyukai seorang pangeran kerajaan lain, kemudian memohon pada orang tuanya agar mareka di nikahkan, awalnya orangtua putri  pukes tidak menyetujui dengan pangeran yang di cintainya karena negeri pangeran sangat jauh namun putri dan pangeran sangat gigih memperjuangkan cintanya, akhirnya kedua orangtua mereka merestuinya.

Setelah mareka dinikahkan, putri harus tinggal bersama di kerajaan suaminya. Putri pukes minta ijin dan pamit pada orang tuanya dan diantar oleh pengawal, saat itu hati kedua orang tua putri sangat berat dan sangat sedih untuk  melepaskan anaknya namun apa hendak dikata putri sudah menjadi milik suamianya.

legenda goa putri pukes
legenda goa putri pukes

Ketika putri mohon pamit pada orang tuanya, kedua orang tua putri berpesan “anakku jika kamu pergi menyusul suamimu maka  pergilah dengan damai dan ikhlas kalaupun kamu rindu  jangan melihat ke belakang” dalam perjalanan putri rasa rindu pada orang tua begitu membara sehingga dia lupa dan tanpa sengaja melihat ke belakang, seketika itu pula datang petir dan hujanpun turun dengan deras sekali, mareka bersama robongan pengawal berteduh didalam sebuah goa yaitu goa Putri pukes yang dikenal saat ini, saat itu di dalam goa putri pukes terasa dingin dan secara perlahan-lahan merasa tubuhnya mengeras dan menjadi batu.

Setelah mengunjungi salah satu lagenda di Kota Takengon, kami sekeluarga memutuskan pulang ke Hotel dan kebesokan harinya kami memutuskan untuk pulang ke Medan.

Sekian cerita saya tentang Puncak Pantan Terong dan Goa Putri Pukes, 2 Wisata Populer di Takengon…salam mozafir..shared by Dimas RG.

Add a Comment

Your email address will not be published.