3 Wisata Tangkahan Langkat, Keindahannya Luar biasa

Bicara mengenai tempat wisata tangkahan Langkat yang satu ini, pasti yang terpikir pertama kali pasti seekor gajah.

Wisata tangkahan ini pun dijuluki turis sebagai surga tersembunyi karna banyak masyarakat terutama dari kota Medan yang belum tahu dengan keindahan alam yang dimilikinya.

Tangkahan ini dikenal juga dikenala sebagai tempatnya gajah-gajah liar. Satu kegiatan unik yang jarang ditemukan ditempat wisata lain.dan wisata tangkahan ini juga menawarkan wahana petualangan yang menarik.

Yang membuat saya tertarik pada wisata tangkahan ini adalah alam nya yang masih asri dan airnya yang sejuk. Berkunjung ke tangkahan bagi saya tak sia-sia bagaikan surga, dan mata yang tak berkedip bila memandangnya tersebut.

Yang membuat  saya suka dengan airnya yang jernih dan dingin, membuat saya yang tak ingin meninggalkan keindahan alam tersebut dan air terjun nya.

Objek Wisata Tangkahan Langkat

Ada beberapa spot wisata yang patut anda coba ketika berlibur atau trip ke tangkahan, dan berikut kami tuliskan secara singkat untuk anda.

Arung Jeram di sungai Tangkahan

Wahana petualangan lainnya adalah mandi dan menyusuri arus sungai seperti arung jeram menggunakan ban atau tubing. Jika bersama dengan teman, sebaiknya 2 tubing atau 3 tubing di jadikan 1 agar bisa naik ban rame-rame agar tidak terpisah.

Air Terjung Tangkahan

Untuk mencapai air terjunnya harus menyebrangi sungai, karena beraada ditengah rimbunan hutan. Airnya yang begitu hangat karna bercampur dengan mata air panas yang diatas tebing. Tingginya air terjun mencapai 3 meter, dan pengunjung pun bisa menikmati derasnya guyuran air terjun di balik tebing.

Pemandian Tangkahan Bah Alip

Danaunya yang bewarna biru dan tenang. Disini kita bisa berenang dan menukmati pemandangan yang masih alami karena jarang disentuh oleh manusia. Sehingga bagi siapa pun yang berkunjung membuat rileks dan segara karma sekelilingnya yang masih berimbunan pepohonan hutan.

Fasilitas di Lokasi Wisata Tangkahan Langkat

Wisata tangkahan juga menyediakan berbagai fasilitas, Dan fasilitas ini dibilang sudang cukup lengkap tak perlu risau bagi yang berkunjung untuk kesana.

  • Lahan parkir
  • Musolla
  • Toilet umum
  • Kantin atau kafe
  • Penginapan
  • Toko souvenir

Akses Transportasi ke Tangkahan Langkat dari Medan

Akses untuk menuju ke wisata tangkahan tersebut misalnya dari medan dapat menggunakan sepeda motor, bus atau mobil pribadi. Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam hingga 4 jam. Jika menggunakan bus umum, mungkin membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Dan jaraknya dari medan sekitar 110-120 km.

Dan dari medan kita harus menempuh perjalanan 50-an km hingga tiba di simpang tj.beringin, setelah stabat. Kemudian dari simpang ini hingga ke lokasi wisata berjarak sekitar 60 km.

  • Jika mengendarai dengan bus dari p. Baris, medan, hanya ada 2 bus yang berangkat setiap hari yaitu sekitar pukul 10.00 dan 01.00. ongkosnya 15.000 perorang.
  • Via udara : bandara kuala namu, anda langsung melanjutkan menaiki kendaraan bermotor dengan rute : Jl. Tol medan – Tol Belmera – Tj. Mulia – jl. Aluminium Raya – jl. Yos sudarso – jl. G . panitera – jl. Veteran – jl. Tol medan binjai- jl. Megawati – jl. Lintas sumatera – jl. Sawit sebrang – jl. Batang serangan – jl. Kwala sawit – tangkahan.
  • Via laut : sesampai pelabuhan belawan, anda langsng melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dengan rute: jl. R. Pelabuhan belawan – jl. Tol belmera – jl . yos sudarso – jl. Titi pahlawan – jl. Kapten rahmad buddin – jl. H. Mustafa kamil – jl. Titi payung – jl. Lintas sumatera – jl. Sawit sebrang – jl. Batang serangan – jl. Kwala sawit – tangkahan.
  • Via darat : dari pusat kota anada tinggal mengikuti saja rute ini : jl. Rambutan – jl. Sikambing – jl. H. Adam malik – jl. T. Amir hamzah – jl. Gaperta – jl. Asrama – jl. Tol medan binjai- jl. Megawati – jl. Lintas sumatera – jl. Sawit sebrang – jl. Batang serangan – jl. Kwala sawit – tangkahan.

Harga Penginapan di Tangkahan Langkat

Wisata tangkahan juga menyediakan penginapan bagi yang bekunjung sekaligus untuk menikmati suasana malam ditangkahan. Dan disana menyediakan 5 penginapan yaitu jungle lodge, bambu river, linea, mega inn, dan green lodge.

Berlokasi di kompleks CRU. Dan tarifnya pun masih berjangkau berkisar antara Rp. 100.000 – Rp. 300.000 ribuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga tiket untuk masuk ke wisata nya pun berubah- ubah, beda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Saat weekend tiket masuk tangkahan adalah Rp. 5000, dan di hari biasa berkisar Rp. 2000.

Wisata tersebut tidak ramai kalau pada hari – hari biasa, wisatanya tergantung pada hari – hari besar seperti hari raya, ataupun tahun baru. Ramai nya itu seperti bagaimana dijalanan yang ramai orang melewati jalan tersebut.

Suasana Sekitar Objek Wisata

Di wisata tangkahan para masyarakat penduduk sekitar mereka tidak memang terlalu hangat dalam menyambut tapi mereka masih menghormati atau menghargai bagi para pengunjung dan diperlakukan dengan baik, dan para penduduk sekitar wisata tersebut kebanyakan menggunakan bahasa karo adat mereka, tetapi mereka juga menggunakan bahasa yang dapat dipahami para pelancong yang berkunjung ke wisatawan.

Lokasi wisata tersebut ramah keluarga, bagi yang berkunjung anak kecil maupun yang sudah renta tua sangat cocok sambil rileks, dan sambil  melihat pemandangan hutan dan air yang jernih pada wisata tersebut.

Berhati – hati lah dalam meletakkan suatu barang, karna pada wisata tersebut tidak menjaminkan barang yang hilang atau perlengkapan yang lain untuk kembali.

Sebagai wisatawan muslim atau halal traveller, untuk menu makanan disana sebagian halal dan sebagiannya tidak, karena sebagian para penduduk sekitar wisata menganut non muslim, bagi yang berkunjung silahkan dilihat pada restoran makanannya atau pajangan halal pada tempat makanan nya tersebut.

Dan musolla di tempat wisata tersebut sangat di rawat oleh para penduduk wisata tersebut, karna mereka menghormati dan menjaga kebersihan bagi para pengunjung yang berdatangan. Dan penginapan yang disediakan tidak ada berlabel atau menandakan itu syariah.

Hotel nya bebas atau pun umum bagi siapa pun yang ingin memasuki atau menginap tersebut. Bagi yang berkunjung sinyal agak susah di dapatkan atau dijangkau karna tempat wisata tersebut di bawah gunung yang dipenuhi dengan hutan – hutan yang rindang sehingga susah untuk menjangkau sinyal.

Saran saya bagi tempat wisata tangkahan tersebut haruslah ramah kepada para pengunjung yang berdatangan dan menyediakan tempat penginapan yang aman bagi para pengunjung yang berdatagan. Misalnya seperti menyediakan peraturan syariah dalam hotel tersebut bagi orang muslim.

Bagi saya yang harus diperbaiki dalam wisata tersebut adalah perjalan yang rusak untuk ketempat menuju ke tangkahan tersebut. dan titi penyebrangan yang ada ditangkahan butuh untuk diperbanyak, agar para wisatawan yang berkunjung dapat mudah dalam menyebrang.

Pemerintah ingin bertujuan untuk membangun wisata tersebut lebih maju lagi dalam seperti ramah lingkungan. Dan dengan dibentuknya lembaga pariwisata tangkahan (LPT) yang merupakan lembaga lokal yang dipercaya untuk mengelola ekowisata dan bekerja sama dengan pihak taman nasional, sekaligus membentuk peraturan desa.

Peraturan tesebut yang ditegakkan oleh pemerintah adalah yang disusun secara partisipasif, untuk mengatur tentanf konservasi dan pranata sosial secara langsung, sebelum di adopsi di berbagai daerah di indinesia.

Menurut saya wisata tersebut pantas untuk dijadikan wisata halal karna dengan kearifan alamnya yang begitu indah, sehingga siapa saja yang bekunjung dapat merilekskan pikiran.

Dan islam mengajarkan kita untuk mencintai alam, islam adalah rahmatan lil alamin, yang mana syariatnya tidak hanya untuk umat islam saja tapi bagi semesta alam sebagai rahmat dari allah.

Rahmat ini meliputi seluruhnya. Termasuk alsm ini, maka silam mengajarkan untuk mencintai alam dan menjaganya, serta melarang berbuat berbagai kerusakan di muka bumi. Maka dari itu allah menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi dan itu semua adalah bentuk dalam rangka beribadah kepada allah.

Allah berfirman: “Telah nampak kerusakan didarat dan di lautan yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia, supaya allah merasakan kepada mereka sebagian dari perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar )”. Qs : ar – rum 41

Maka dari itu menjaga dan mencintai serta merawat alam adalah sudah kewajiban bagi kita semua. Dan hewan merupakan salah satu komponen dari ekosistem alam. Dan menjaga kelestarian alam dalam mengelola yang baik dan benar.

Tittle: Dibalik Wisata Tangkahan Langkat, Meyimpan Keindahan Alam Surga Yang Bikin Gak Mau Pulang
Shared by Shyella P.M.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.