Aek Sijorni: Wisata Indah di Tapanuli Selatan

Oke jadi, lokasi pariwisata yang bakal saya review disini yaitu: AEK SIJORNI
Bagi yang masih asing denger nama tempat ini, Aek Sijorni merupakan objek wisata air terjun lebih tepatnya berada di daerah Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sebelum kita bahas lebih jauh lagi, Disini saya akan bahas gimana sih Aek Sijorni itu??
Tempat macam apa itu??
Terus gimana bisa sampe sana??

Oke ini menurut pengalaman pribadi dan dari sudut pandang saya terhapat destinasi wisata yang satu ini.
Berhubung aku tinggal di daerah yang bisa dibilang tetanggaan sama lokasi wisata ini yaitu di Langga payung kab. labuhan batu selatan, jadi jarak yang kita tempuh ke lokasi pemandian kurang lebih hanya memakan waktu 4 jam.

lokasi wisata aek sijorni tapanuli selatan
lokasi wisata aek sijorni tapanuli selatan

Iya ,saya pernah kesana lebih dari satu kali mungkin dan itu semua naik mobil. Bisa jadi kalau naik motor cuman butuh waktu 3 jam.
Oke lanjut,,,

Liburan Wisata ke Aek Sijorni yang Indah di Tapanuli Selatan

Aek Sijorni Wisata Indah di Tapanuli Selatan
Aek Sijorni Wisata Indah di Tapanuli Selatan

Karena waktu perjalanan yang kutempuh itu hanya 4 jam kita (bersama keluarga) selalu berangkat pagi kira kira jam tengah delapan pagi bisa dibilang. Fyi disepanjang perjalanan kesana itu kita akan mrlewat itu yang namanya Gunung Tua. Ini bukan sepert gunung yang biasa kita ketahu, tapi merupakan suatu daerah yang saya rasa cukup menarik untuk ditinggali. Banyak sawah, ada lembu serasa didaerah yang masih asri tapi tak terlalu asri juga saya rasa hehe.

Dan yahhh jangan lupa kalau lewat sini mampir di mesjid raya G.tua yang wahhh Mashaallah luar biasa besarr menurut saya. Kita sampai sekitar jam 11 gitu pas banget buat kita nunggu waktunya makan siang. Ada makanan khas disana namanya Holat, rumah makan holat bakal sering kita jumpai dalam perjalanan, bagi yang belum tau ini makanan apa, saya sebenarnya kurang tahu ini makanan aslinya dari mana tapi karena banyak dijumpai diperjalanan jadi sering saya makan. Makanan ini terbuat dari olahan ikan biasa mau ikan nila.atau Mas yang saya tahu itu ikan air tawar. yang berbeda cuman resep bumbunya dari batang kayu. Saya rasa semua orang juga tahu dan pernah rasa ini makanan yah.

Selesai kita makan kita nyeburrr dong hehe gadeng. Jadi udah saya bilang kan kalau ini air terjun??? Nah walaupun kesini kita nggak perlu susah susah melewati lembah, manjat tebing semacam ke air terjun kebanyakan, tapi tetap aja kalau mau yang bagus ya harus capek dong. Jadi ya aek sijorni ini semacam aer terjun berundak ada tingkatannya gituuu. Dan iyaa yang paling bagus pasti yang paling tinggi dan berada diatas. Tapi dibawah juga nggak kalah menarik.

Bagi umat Muslim disana juga tersedia musholla, ada toilet, kamar ganti, ada waarung,pondok-pondok kecil,dannn yap adatempat parker ini tempat bakal nyaman pas bareng keluarga.
Ini air terjun punya ketinggian 10 meter,belum lagi disekelilingnya banyak pohon kelapa berasa dipantai dah bahkan ada beberapa yang tumbuh ditengah air terjun. Panorama yang yang terciptapun luar biasa memanjakan mata.

aek sijorni wisata alam terpopuler di tapanuli selatan
aek sijorni wisata alam terpopuler di tapanuli selatan

Menurut masyarakat disana air nya juga nggak bakannkeruh pas musim penghujan dan bakal naik debitnya di musim kemarau. Jarak lokasi dari padang sidinpuan itu cuman 30 meter.

Sesuai namanya aek yang berarti “air” sijorni yang artina”jernih”

Nama ini disematkan lantaran eir di lokasi ini sangatlah jernih. Pasir dibawah permukaannya juga berwarna putih. Keindahannya seolah memancar karena air mengalir deras melalui bebatuan cadas meningkat berundak.

Saran saya nih kalau memang mau kesana diusahakan jangan pas tanggal merah semacam hari-hari perayaaan tertentu karena bukan kemungkinan lagi disepanjang jalan bakal macat,belu lagi kita nggak dapat tempat parkir, yang parahnya lagi terlalu banyak manusia didalam yang seharusnya tempat itu luas jadi keliatan sempit gitu looh. Weekend bolehlah asalkan bukan hari lebaran atau tahun baruu. Jangan! Aku ingatkan Jangannnn. Nyesel nanti.

Dan ini ada bebeapa penampkan dari air terjun Aek Sijornih di Tapanuli Selatan.

Demikian yang bisa saya infokan mengenai destinasi wisata yang satu ini, kurang dan lebihnya saya minta maaf.

Semoga bermanfaat!  demikian cerita saya tentang Aek Sijorni: Wisata Indah di Tapanuli Selatan …salam mozafir…shared by Indry W.

Add a Comment

Your email address will not be published.